Biaya Ibadah Haji Belum Diputuskan

0
123
Ilustrasi

SOFIFI, PilarMalut.id – Pemerintah Pusat belum menetapkan biaya pergi ibadah haji (BPIH) tahun 2018, namun biaya ibadah haji tahun ini diperkirakan naik, hal ini sampaikan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Malut, H. Amar Manaf saat dikonfirmasi jumat (06/04/2018).

Amar mengaku penetapan biaya ibadah haji rencana tanggal 3 April dilakukan pelunasan tahap satu, namun sampai saat ini belum ada keputusan presiden terkait dengan biaya pergi ibadah haji (BPIH) tahun 2018.

“Rencana awal April sudah mulai dilakukan pelunasan tahap pertama, namun sampai dengan 6 April ini belum ada perintah dari Pemerintah Pusat sehingga kami menunggu saja,” ujarnya.

Amar mengaku diperkirakan tahun ini biaya ibadah haji naik karena pemerintah kerajaan Arab Saudi memberlakukan pajak 5 persen, sehingga berpengaruh pada biaya ibadah haji, untuk itu embarkasi Makassar didalamnya termasuk Malut naik Rp 500 ribu dari tahun sebelumnya atau diperkirakan tahun ini sebesar Rp 39.500.000.

“Tahun lalu belum ada, jadi tahun 2018 diberlakukan pajak 5 persen sehingga berpengaruh pada biaya ibadah haji karena transportasi, biaya konsumsi juga dikenakan pajak,” ujarnya.

Sementara untuk kuota calon jamaah haji tahun 2018 sebanyak 1080 orang terdiri dari 1073 calon jamaah haji sementara 7 orang lain merupakan tim pembimbing haji daerah (TPHD).

“Kuota CJH Tahun 2018 secara keseluruhan di 10 kabupaten/kota di Malut sebanyak 1080 orang yang bakal berangkat melaksanakan ibadah haji tahun 2018,” ungkapnya. (gun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here