Bertambah Lagi 21 Positif Corona, Total di Malut 343 Kasus

0
70
dr Alwia Assagaf

TERNATE, pilarmalut.id – Penyebaran Corona Virus (Covid-19) di Maluku Utara (Malut) semakin cepat, meski upaya pemerintah daerah terus melakukan langkah penanganan. Data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, Kamis (18/06/2020) terjadi pengembangan yang signifikan, sebayak 21 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Bertambah 21 kasus positif tersebut, sehingga Malut sudah tercatat total kasus positif mencapai 343 kasus. Selain kasus positif, juga terjadi 1 penambahan pasien sembuh, sehingga pasien sembuh di Malut tercatat sebanyak 49 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, dr Alwia Assagaf dalam konfrensi pers di Hotel Sahid Bela Ternate mengatakan, penambahasan 21 pasien terkonfirmasi positif berdasarkan hasil pemeriksaan PCR di BBLK Makassar, Prodia Ternate dan TCM RSUD Chasan Bosoirie.

Alwia menjelaskan, pemeriksaan melalui PCR di Laboratorium Prodia Ternate diperiksa 2 orang untuk diagnosis, PCR BBLK Makassar di periksa 67 spesimen (34 orang) untuk diagnosis, dan TCM (Tes Cepat Molekuler) di RSUD Chasan Boesoirie sebanyak 20 spesimen (16 orang) untuk diagnosa 10 orang dan fullow up 6 orang.

Hasil pemeriksaan lanjut Alwia, terkonfirmasi positif PCR Prodia Ternate 1 orang, PCR BBLK Makassar 14 orang dan TCM RSUD Chasan Bosorie 6 orang, total positif sebanyak 21 orang, dengan sebaran 15 orang dari Ternate, 3 orang dari Halmahera Selatan, 1 orang dari Halmahera Timur dan 2 orang dari Tidore Kepulauan.

“Jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Provinsi Maluku Utara sampai hari ini menjadi 343 orang, selanjut kasus baru ini kamis sebut sebagai kasus 323 sampai dengan kasus 343,” ujarnya.

Sedangkan pasien sembuh terjadi satu penambahan berdasarkan hasil pemeriksaan follow up melalui TCM RSUD Chasan Bosoirie, dengan hasil negatif ke dua. Sehingga dinyatakan sembuh yaitu kasus 93 insial SS asal Kota Ternate. “Jumlah kasus sembuh Covid-19 sampai dengan hari berjumlah 49 orang,” tuturnya. (div).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here