Bawaslu Halut Awasi Ketat Partai Politik dan Baliho Caleg

0
128
Ketua Bawaslu Halmahera Utara, Rafli Kamaluddin.

TOBELO, PilarMalut.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara, akan mengawasi ketat pelaksanaan Kampanye Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019, yang telah dimulai, Senin (08/10/2018), berupa pemantauan seluruh aktifitas partai politik dan para Calon Legislatif (Caleg) serta pemasangan baliho dan spanduk para caleg.

Ketua Bawaslu Halut Rafli Kamaludin, kepada awak media Jumat (12/10/2018) mengatakan, dikeluarkan jadwal KPUD Halut sesuai jadwal kampanye, untuk itu dirinya memberikan warning kepada seluruh Parpol dan para Caleg di Kabupaten Halut terkait dengan kampanye pemasangan spanduk, karena terdapat 15 titik tempat terlarang.

“Kalau terjadi pemasangan spanduk dan baliho yang tidak sesuai surat edaran, maka bawaslu akan melakukan penertiban baliho dengan menyurat ke parpol. Jika ini tidak di indahkan parpol, maka Bawaslu akan melakukan tindakan karena sudah melalukan pelanggaran,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pemasangan spanduk minimal 100 meter dari daerah terlarang. Dalam melakukan pengawasan tersebut, Bawaslu juga mengingatkan kepada seluruh pengawasan, baik tingkat kecamatan, desa dan tim relawan pengawasan terus memantau jalannya kampanye pada pemilihan legislatif.

“Saya berharap seluruh penyelenggara agar memantau jalanya kampanye, jika ada temuan pelanggaran maka segera melaporkan ke Bawaslu dengan bukti yang otentik,” harapnya. (AA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here