Bansos UMKM, Bantuan Dana untuk Pengusaha Mikro

Pemerintah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) khusus untuk para pegiat Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi pada tahun 2020. Ini merupakan salah satu bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat dampak dari pandemi yang diakibatkan penyebaran virus COVID-19. Fokus pada pemilik usaha mikro, pemerintah ingin memberikan dukungan kepada masyarakat yang memiliki usaha agar bisa tetap semangat dan tetap bisa lancar menjalankan usahanya. Di tahun 2020, Bantuan Sosial atau Bansos UMKM ini diselenggarakan di bulan Agustus hingga Desember 2020. 

Sesuai dengan PERMENKUKM Nomor 6 Tahun 2020 mengenai Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemeringah Bagi Pelaku Usaha Mikro untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional Serta Penyelamatan Ekonomi Nasional pada Masa Pandemu Corona Virus Desease, targetnya dana Bansos UMKM diberikan kepada 12 juta pemilik usaha mikro di seluruh Indonesia, dengan tiap kepala mendapatkan dana sebesar Rp 2.4 juta. Dana yang cair bisa digunakan untuk membantu kelancaran usaha. Lalu apakah tahun 2021 program ini dijalankan kembali? Dapatkan sekilas info bansos UMKM di bawah ini. 

Bansos UMKM 2021

Melihat kesuksesan dan minat yang besar akan Bansos UMKM di tahun 2020, maka pemerintah mengesahkan PERMENKUKM Nomor 2 Tahun 2021 tentang penyaluran kembanli Bantuan Produktif Usaha Mikro (BUPM) di tahun 2021. Namun ada peninjauan kembali akan UMKM Bansos yang diselenggarakan di tahun ini. Tujuannya agar bantuan dana jatuh ke tangan yang tepat dan tidak disalahgunakan oleh pihak lain yang kurang layak mendapatkannya. Tahun 2021 penyelenggaraan Bansos UMKM dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Pihak penyelenggara melakukan verifikasi data daftar Bansos UMKM dengan tujuan agar bisa mendapatkan target lebih banyak sehingga mampu membantu lebih banyak pengusaha mikro yang memang layak dibantu. Beberapa perubahan dari tahun sebelumnya meliputi dana bantuan yang turun menjadi setengahnya dibanding tahun 2021, yaitu Rp 1.2 juta per orang. Dana Bansos UMKM akan disalurkan langsung ke rekening penerima yang telah terdaftar. Lalu bagaimana cara daftar Bansos UMKM? Harus disimak bagi para pemilik UMKMK, terutama yang berskala mikro. Simak infonya berikut ini. 

Syarat Daftar Bansos UMKM

Setelah melakukan peninjauan kembali, pihak penyelenggara Bansos UMKM melakukan beberapa perubahan pada penyelenggaraan Bansos UMKM di tahun 2021. Pasal 4 PERMENKUKM Nomor 6 Tahun 2020 diubah dan keluar pasal 4 PERMEN KUKM Nomor 2 Tahun 2021 yang isinya mengenai kriteria penerima Bansos UMKM. Bantuan dana ini diberikan kepada pelaku usaha mikro yang belum pernah menerima Bansos UMKM maupun yang sudah pernah menerima sebelumnya tapi masih memenuhi syarat

Pelaku usaha mikro yang bisa mendapatkan Bansos UMKM tidak sedang menerima pinjaman usaha berupa Kredit Usaha Rakyat dari bank mana pun. Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum membuat pendaftaran di antaranya adalah pemohon merupakan Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP elektronik, memiliki usaha mikro yang bisa dibuktikan dengan menyertakan surat usulan calon penerima Bansos UMKM dari pengusul BPUM beserta lampirannya. Pemohon tidak berstatus sebagai ASN, anggota TNI/Polri, maupun pegawai BUMN dan BUMD. Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, saatnya cari tahu cara pendaftaran Bansos UMKM.

Cara Daftar Bansos UMKM

Pendaftaran Bansos UMKM bisa dilakukan secara langsung dengan mendatangi dinas tingkat kabupaten atau kota yang membidangi Koperasi dan UMKM setempat. Pastikan pemohon membawa kelengkapan dokumen dan mengisi formulir yang meminta data mengenai nomor KTP elektronik, nomor Kartu Keluarga, nama lengkap, alamat, bidang usaha, dan nomor telepon aktif yang mudah dihubungi. Setelah pendaftaran selesai, dinas yang bertugas akan melakukan verifikasi data pemohon. 

Proses ini untuk mengecek dan memperkecil risiko adanya duplikasi data dan penerima Bansos UMKM ganda, dan menghindari adanya data pemohon palsu. Anda bisa cek daftar calon penerima Bansos UMKM online. Terutama bagi pemilik rekening tabungan BRI, bisa memanfaatkan link khusus Bansos UMKM BRI yang bisa diakses kapan saja secara online. Mendaftar dan mengecek penerima Bansos UMKM kini makin mudah karena prosesnya dilakukan secara online.