Asal Usul Uang Kertas Ternyata Dari Kerajaan Ternate

2
1889
Koleksi Mata Uang Ryksdalder di Museum Bank Indonesia (Dok. PilarMalut.id)

Jakarta, PilarMalut.id – Indonesia pertama kali mengenal mata uang kertas sebagai alat tukar yang sah pada zaman penjajahan belanda. Ryksdaalder merupakan salah satu jenis mata uang berbahan kertas yang disebut-sebut berasal dari kerajaan Ternate di era Hindia-Belanda.

Mata uang Ryksdaalder tidak hanya digunakan kalangan konglomerat, melainkan mata uang jenis kertas itu juga digunakan para pedagang sebagai alat transaksi dikala itu. Bentuk uang kertas kerajaan Ternate kini menjadi barang koleksi sejarah di Museum Bank Indonesia yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Kota Tua, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Museum Bank Indonesia merupakan Cagar budaya peninggalan De Javasche Bank itu, menyajikan seluruh informasi sejarah perbankkan, serta mengoleksi hampir seluruh jenis mata uang yang beredar di Nusantara, salah satu nya mata uang kertas asal Kerajaan Ternate.

Pemandu museum, Neneng, saat disembangi wartawan PilarMalut.id mengatakan, uang kertas jenis Ryksdaalder dipakai di daerah tertentu saja dalam perdagangan di Nusantara, termasuk Ternate pada zaman Kerajaan Islam dan Hindia-Belanda. Bahkan umur uang ini di klaim sebagai uang tertua di dunia.

”Rychdaalder Ternate tertua kedua setelah Banda Naira (Ambon), dan Batavia sekarang Jakarta. bentuk uang ini seperti halnya kwitansi atau nota,” ujarnya.

Ciri-ciri Rychdaalder tampak depan dan belakang dari mata uang tersebut bertuliskan teks singkat bahasa Melayu, Arab dan Belanda serta bertanda tangan dan stempel bertulisan “LNR RSI”.

Neneng menjelaskan, Inggris dan kerajaan-kerajaan di Eropa belum menggunakan Uang Kertas di Dunia, Nusantara sudah memperkenalkan uang kertas jenis Ryksdaalder yang dikeluarkan pemerintah Belanda pada massa kekuasaan VOC. Dibuatnya alat tukar jenis ini karena VOC seringkali kekurangan bahan baku pembuatan uang koin.

“Jauh sebelumnya Nusantara pun sudah ada, untuk Ternate memiliki tulisan Arab didampingi tulisan Belanda dan bertuliskan sen ternate Ten yang mengeluarkan uang adalah pejabat VOC, ini merupakan uang tertua seperti yang terdapat di Banda Naira dan Ternate “ jelasnya.

Baca JugaFilipina Jadi Jalur Transaksi Penyelundupan Hewan Asal Malut

Hingga kini Rychdallder milik Ternate masih di koleksi Bank Indonesia, jenisnya pun sudah langkah bahkan dikabarkan uang kuno tersebut juga berada ditangan beberpa orang kolektor di Indonesia. (Ay).

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here