Antisipasi ‘Serangan Fajar’, Bawaslu Halut Gelar Patroli

0
78
Ketua Bawslu Halut, Raflli Kamarudin

TOBELO, PilarMalut.id – Guna mengantisipasi pelanggaran Pemilu 17 april nanti, berupa Money Politik atau serangan Fajar yang dilakukan oknum yang tidak bertanggungajawab, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Provinsi Maluku Utara (Malut) akan menggelar patroli pengawasan tolak money politik.

Ketua Bawslu Halut, Raflli Kamarudin kepada awak media, senin (15/04/2019) mengatakan, pihaknya telah siap mengantisipasi dugaan pelanggaran pemilu dengan berpatroli selama 1×24 jam secara berkala.

“Bawaslu mempunyai agenda yang bersifat nasional yaitu patroli pengawasan tolak money politik, antisipasi ini dengan melakukan patroli selama 1×24 jam yang dilakukan secara bergiliran dan Patroli ini dilakukan dua orang petugas pengawas per-Kecamatan yang didampingi pihak kepolisian,” katanya.

Menurutnya, patroli tersebut sasarannya pada titik kumpul masyarakat di kecamatan tertentu sekaligus memberikan himbauan agar masyarakat tidak terlibat money politik, sebab memiliki konsekuensi pidana pemilu bagi yang memberi maupun menerima.

“Patroli itu dimulai sejak tadi malam, dan nanti malam ini juga akan dimulai sampai pada hari H nanti, dan sejauh ini dari 17 kecamatan di halut belum ditemukan pelanggaran, kalau sampai kedapatan maka kita akan tindak tegas” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya berharap pada seluruh lapisan masyarakat di Halut, agar turut membantu penyelenggara mengawasi proses tahapan pemilu ini berjalan dengan demokratis, aman dan damai sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Harapan kami agar penyelenggara baik ditingkat bawah sampai di KPPS agar bisa bersinergi sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan sebagaimana mestinya,” tutupnya. (AA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here