14 Bapaslon Jalani Tes Urine Narkoba di BNN Malut  

0
69
Kabid P3M BNNP Malut, Hairudin Umaternate

TERNATE, pilarmalut.id – Sebanyak 14 Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota Bupati dan Wakil Wali Kota Bupati se-Maluku Utara, Rabu (09/09/2020), menjalani Test Urine untuk mendeteksi narkoba di Badan Narkotika Nasional Perwakilan (BNNP) provinsi Malut.

“Hari ini kita lakukan pemeriksaan mulai pukul 14 : 00 Wit dan Alhamdulillah terselesaikan sebanyak 14 Bapaslon, baik itu Wakil maupun Walikota Bupatinya,” kata Kepala Bidang (Kabid) P2M BNNP Malut Hairuddin Umaternate yang juga sebagai Kordinator Tim Pemeriksa kepada sejumlah awak media.

Ia menuturkan, test Urine bapaslon dilakukan setelah ada rekomendasi bebas Covid-19 atau berstatus Negatif Covid 19 dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Basoeri Ternate.

“Sesuai Kesepakatan KPU pusat dengan BNN pusat yang boleh melakukan pemeriksaan Bebas Narkoba setelah mendapat Hasil Swab bebas Covid 19, karena ini sudah menjadi persyaratan mutlak, maka tadi ada yang datang tanpa membawa keterangan bebas Covid-19 kita minta untuk kembali lagi jika sudah ada keterangan dari RSUD Chasan Basoeri Ternate,” ujarnya.

Ia menjelaskan, para calon kandidat Pilkada yang sudah menjalani Pemeriksaan Bebas Narkoba dipastikan atau dijamin terkonfirmasi Negatif Covid 19. “Dari 46 kandidat calon, yang sudah kami lakukan Test Urine atau Pemeriksaan bebas Narkoba sudah 28 orang dan yang tersisa 18 orang lagi,” ujarnya.

Disentil hasil pemeriksaan test Urine para Bapaslon, Hairuddin enggan memberikan keterangan detail siapa para bapaslon yang terkonfirmasi menggunakan Narkoba.

“Kita tim kesehatan yang diminta KPU, olehnya itu hasilnya juga kita rapatkan dulu dan melaporkan hasilnya dengan Surat Resmi ke KPU nanti KPU yang nantinya mengumumkan,” tuturnya. (Ay).

Bapaslon pemilu 2020 se-Malut yang telah melakukan Test Urine di BNNP Malut yakni :

Kota Ternate :

  1. Merlisa Marsaoly (Calon Walikota)
  2. M. Tauhid Soleman (Calon Walikota)
  3. Muhammad Hasan Bay dan Asgar Saleh
  4. Abdullah Taher (Calon Wakil Walikota)

Kota Tidore Kepulauan :

  1. Basri Salama dan Guntur Alting
  2. H. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen
  3. Salahuddin Adrias dan Muhammad Jabir Taha.

Kabupaten Halmahera Barat :

  1. Danny Missi dan Imran Lolori
  2. James Uang dan Jufri Muhamad
  3. Zakir Mando dan Pdt. Alpinus Pay

Halmahera Selatan :

  1. Usman Sidik dan Hasan Ali Basam Kasuba
  2. Helmi Umar Muksin

Halmahera Utara :

  1. Joel Wagono dan Said Bajak
  2. Frans Maneri dan Muhlis Tapitapi

Kabupaten Kepulauan Sula :

  1. Zulfahri Abd Duwila dan Ismail Umasugi.

Halmahera Timur :

  1. Muh Abdu Nasar Balon Bupati Halmahera Timur, dan Anjas Teher.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here