Gubernur dan Plt Bupati Haltim Bahas Pengganti Rudy Erawan

0
650

SOFIFI, PilarMalut.id – Setelah mengusulkan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Timur (Haltim) ke Kemendagri RI, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, bertemu Plt Bupati Haltim Muh Din di lantai 4 ruang kerja Gubernur, Rabu (06/02/2019).

Pertemuan tersebut dalam rangka membahas proses penyelenggaraan pemerintahan saat ini, termasuk perkembangan pengusulan pemberhentian Rudi Erawan Bupati non aktif serta membahas usulan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Timur.

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba melalui juru bicaranya Armin Zakaria,  sesuai rilis yang diterima PilarMalut.id mengatakan, usulan pemberhentian dan pengangakatan Bupati Haltim kepada Menteri Dalam Negeri, sesuai dengan mekanisme pasal 83 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014.

“Gubernur telah mengusulkan saudara Muh Din yang sementara ini menjabat sebagai Plt Bupati Haltim, untuk menggantikan Bupati non aktif Rudi Erawan. Saat ini proses SK nya sementara berjalan di Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Pemerintah Provinsi Maluku Utara tinggal menunggu penerbitan SK nya,” katanya.

Untuk usulan Wakil Bupati Haltim Lanjut Armin, menunggu terbitnya keputusan pengangkatan Bupati Haltim yang baru. Sebab, hal tersebut merupakan wewenang pemerintah dan DPRD Kabupaten Haltim.

“Pemprov sifatnya hanya menunggu usulan yang disampaikan untuk diteruskan ke Mendagri, kalau berkas administrasinya lengkap, maka langsung ditindaklanjuti. Tadi juga, Gubernur telah mengingatkan agar Plt Bupati segera berkoordinasi dengan DPRD Haltim agar proses pengusulan Wakil Bupati jangan sampai terlalu lama,  sebab bisa berpengaruh terhadap efektifitas penyelenggaraan pemerintahan,”ujarnya.

Ia menuturkan, untuk proses pelantikan Bupati Defenitiv, akan dilaksanakan setelah Gubernur menerima SK dari Mendagri RI. “Secepatnya akan dilaksanakan pelantikan jika sudah menerima SK dari Mendagri, dan pak Gub berharap, sebelum pelaksanaan Pilpres dan Pileg pelantikan sudah dapat dilaksanakan dan masyarakat Haltim sudah memiliki Bupati yang baru,”tuturnya.

Armin menambahkan, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Haltim tentunya sesuai ketentuan undang-undang akan dilaksanakan di Ibukota Provinsi Maluku Utara di Sofifi.

“Mekanisme pasti sesuai dengan prosedur yang telah di atur dan harapannya dapat berjalan dengan baik dan lancar, tentunya peran koordinasi antara Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur dapat terus berjalan dengan baik,” terangnya. (Ay).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here