Dipicu Masalah Tapal Batas, Warga Toseho Rusaki Perumahan 50

Pemkot Tikep Segera Mungkin Buat Laporan Polisi

0
147
Perumahan yang di rusaki warga desa toseho, Kota Tidore Kepulauan.

TIDORE,PilarMalut.id – Kisruh tapal batas yang antara dua desa yakni Desa Toseho dan Desa Tului kecamatan Oba, menjadi pemicu pengrusakan perumahan 50 Desa Tului yang  berada diareal tapal batas wilayah kedua desa tersebut.

Kejadian ini bermula pada Rabu 06 Februari 2019 Pukul. 07.00 ratusan warga Desa Toseho, melakukan pengrusakan perumahan 50 yang telah di tempati warga Tului, karena menurut meraka perumahan tersebut belum bisa di tempati warga Tului, lantaran belum ada putusan resmi tapal batas oleh Pemerintah kota Tidore Kepulauan.

Dengan adanya kondisi tersebut mengakibatkan seluruh pintu rumah perumahan 50 telah di segel dengan papan kayu, sementara kaca depan 25 unit rumah mengalami kerusakan karena di lempari menggunakan batu, saluran air (pipa) juga ikut dirusak, 2 profil teng air.

Selain itu, warga juga menutup sumur bor dengan mengisi batu di dalamnya. Selain merusak fasilitas perumahan, masyarakat Desa Toseho juga mengambil mesin air yang sudah di pasang di masing-masing rumah dan salon.

Sementara walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim ketika di konfirmasi mengatakan, masalah tapal batas tersebut tinggal menunggu waktu untuk menyampaikan ke warga karena sudah ada penetapan. Sementara untuk perumahan 50 yang di tempati warga Tului tersebut karena salah satu tokoh masyarakat Tului menghibahkan ke pemkot tikep, untuk di bangun peruhan karena sejumlah warga tului setiap musim hujan kerkena banjir.

“Dengan Adanya hibah tersebut pemkot usulkan ke pemerintah pusat untuk membangun rumah di lokasi tersebut, agar terhindar dari banjir yang terjadi pada setiap musim hujan datang,” ujarnya..

Sementara aksi pengrusakan  yang dilakukan warga Toseho tersebut, Walikota Tidore Kepulauan menegaskan, segera mungkin membuat laporan ke polisi untuk di proses hukum karena selain melakukan pengruskan, sekelompok warga juga mengambilan pompa air, sebab barang-barang  yang diambil termasuk perumahan yang dirusaki tercatat sebagai aset pemkot tikep. (Oi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here